Sabtu, 27 November 2010

Peluang Bisnis Penyewaan Lapangan Futsal

Beberapa tahun belakangan ini kelihatannya olahraga lapangan futsal menjadi primadona masyarakat sebagai olahraga di waktu senggang untuk melepas ketegangan atau stress. Tua muda menyukai olahraga ini. Apalagi kalau bukan karena futsal merupakan versi mini dari olahraga sepakbola pada lapangan standar. Selama banyak orang masih menyukai olahraga sepakbola selama itu pula futsal akan menjadi pilihan untuk menyalurkan kesenangan terhadap sepakbola. Olahraga futsal ini disukai karena tidak memerlukan lapangan yang besar dan luas sehingga tidak menguras stamina terlalu banyak seperti halnya kalau bermain di lapangan sepakbola sesungguhnya. Tidak tergantung cuaca karena indoor (dalam ruangan). Tidak perlu takut kotor karena biasanya lapangannya hanya memakai rumput sintetis. Selain itu permainan akan menjadi lebih fokus pada skill dan kerjasama tim.

Kalau Anda cermat, bisnis atau usaha penyewaan lapangan futsal sangatlah menjanjikan. Ini bukanlah mengada-ada. Masih sedikitnya pesaing adalah keuntungan tersendiri bagi Anda.

Walaupun sudah ada tempat penyewaan lapangan futsal di kota tempat tinggal Anda, tetapi carilah lokasi yang cukup strategis dan sedikit jauh dari penyewaan lapangan futsal lainnya. Dengan sedikit keunikan dan fasilitas yang memadai maka bukan hal yang sulit bagi Anda untuk menarik para calon konsumen untuk datang ke tempat Anda.

Tetapi biasanya salah satu masalah bagi Anda yang mau memulai dalam bisnis ini adalah tanah. Kalau Anda tidak memiliki tanah sendiri maka untuk mewujudkan usaha penyewaan lapangan futsal sepertinya akan memiliki banyak hambatan. Mengapa? Karena tanpa adanya tanah sendiri maka uang yang Anda keluarkan akan sangatlah banyak apalagi sekarang harga tanah di berbagai wilayah di Indonesia cukup tinggi. Lalu bagaimanakah kalau kita tidak memiliki tanah, tetapi kita berkeinginan menggeluti bidang usaha ini?

Untuk itu disarankan agar Anda bekerja sama dengan teman atau keluarga besar Anda yang memiliki tanah. Buatlah perjanjian hitam di atas putih yang menguntungkan kedua pihak dan berkomitmenlah untuk menjalankan ketentuan-ketentuan yang ada di dalamnya.

Berikut adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan bila anda berminta untuk membuat sebuah lapangan futsal:


1. Tentukan Luas lokasi yang ingin dijadikan usaha membuat lapangan futsal sesuaikan dengan jumlah lapangan yang ingin dibuat. Berikut referensi ukuran satu lapangan futsal: Ukuran Umum: Panjang: 25 m - 45 m, Lebar: 15 m - 25 m Ukuran Internasional: Panjang: 38 m - 42 m, Lebar: 18 m - 22 m
2. Tentukan anggaran yang diperlukan dalam membuat lapangan futsal. Berikut contoh anggaran dalam membuat lapangan futsal ukuran 25 meter x 15 meter (awal tahun 2008): Lapangan : a. Rumput Sintetis = Rp. 150.000.000 b. Vyneels = Rp. 170.000.000 1. Bola Futsal : 2 pcs @ Rp. 150.000 = Rp. 300.000 2. Rompi : 24 pcs @ Rp. 20.000 = Rp. 480.000 3. Lighting : 12 pcs @ Rp. 900.000 = Rp. 10.800.000 4. Tiang Untuk Lighting : 6 pcs @ Rp. 450.000 = Rp. 2.700.000 Total pembuatan lap. rumput sintetis = Rp 164.280.000 Total pembuatan lap. vyneels = Rp. 184.280.000.

Keterangan :

1. Biaya pembuatan lapangan futsal sudah termasuk biaya rumput, gawang, jaring gawang dan jaring pengaman keliling lapangan. Harga sudah termasuk biaya pemasangan.
2. Lighting memakai daya 350 watt. Harga sudah termasuk kabel dan biaya pemasangan.
3. Tiang lighting berukuran tebal 1,25 inch dengan tinggi 4 meter. Harga sudah termasuk biaya pemasangan tiang.

Persiapkan semua hal yang diperlukan dalam pembuatannya, berikut yang perlu diperhatikan:

* Lokasi dan bangunan.
* Bahan Lapangan: lantai semen (paling murah), ubin, parkit kayu, rumput alami dan sintetis (lebih mahal) - Gawang, bola, kaos tim (sewa) dan peralatan untuk futsal lainnya - Jaring : yang digunakan untuk pagar sekeliling lapangan
* Kawat baja : yang digunakan sebagai tihang pada jarring - cat putih untuk membuat garis pembatas lapangan dan lingkar lapangan.
* Spon/busa digunakan kalau lapangan dekat dengan tembok untuk mengindari cedera pemain
* Tempat menunggu (jangan terlalu sempit, agar konsumen puas atas pelayanannya)
* Tempat parkir yang cukup luas (bila perlu gratis, biar banyak pengunjunggnya)
* Jam, buku tamu dan peralatan pendukung lainnya
* Fasilitas hiburan seperti TV kalau perlu PS, Timezone, dll (sebagai hiburan untuk menunggu dan bermain agar terlihat eksklusif)

Tentukan harga penyewaannya, standarnya untuk lapangan futsal rumput sintetis, biasanya berkisar 50 rb - 140 rb keatas (outdoor) dan 190 rb keatas (indoor). Sebaiknya survey dulu harga-harga sekitarnya supaya tercipta persaingan yang sehat.

Bagaimana? Tertarik dengan bisnis penyewaan usaha lapangan futsal? Bila memang iya, segeralah untuk menginvestasikan uang Anda ke usaha ini dan jangan tunda-tunda lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

LANGGANAN ARTIKEL

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Club Cooee

Ramalan Jodoh

Convert

KONVERT CURRENCY
Amount:
From:
To:
Currency conversion powered by coinmill.com.

adsbanner

Join 4Shared Now!